1. Sadda mappabbati ada artinya
bunyi mewujudkan kata
3. Gau mappabbati tau artinya
perbuatan mewujudkan manusia
AJA’
MUANGOAI ONRONG, AJA’TO MUACINNAI TANRE TUDANGENG, NASABA
DETUMULLEI PADECENGI TANA, RISAPPAPO MUOMPO, RIJELLO’PO MUAKKENGAU
Artinya :Janganlah menyerakahi
kedudukan, jangan pula terlalu mengingini jabatan tinggi, karena engkau tak
sanggup memperbaiki Negara. Kalau dicari baru akan muncul. Kalu
ditunjuk baru engkau mengaku.
Penjelasan :
Pada hakikatnya, semua orang mencita-citakan kedudukan atau jabatan tinggi, tetapi takdir dan kesempatan membawanya kearah lain. Akan tetapi manakala keserakahan menjadi tumpuan untuk menggapai cita-cita, maka dalam perjalanan menuju cita-cita unsure moral akan dikesampingkan, bahkan fatal bila ditunjang oleh kekuasaan. Sebaliknya seorang yang beritikad baik pada umumnya mempunyai harga diri sehingga malu akan mengemis jabatan dan bila diberikan amanah dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.
Pada hakikatnya, semua orang mencita-citakan kedudukan atau jabatan tinggi, tetapi takdir dan kesempatan membawanya kearah lain. Akan tetapi manakala keserakahan menjadi tumpuan untuk menggapai cita-cita, maka dalam perjalanan menuju cita-cita unsure moral akan dikesampingkan, bahkan fatal bila ditunjang oleh kekuasaan. Sebaliknya seorang yang beritikad baik pada umumnya mempunyai harga diri sehingga malu akan mengemis jabatan dan bila diberikan amanah dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.
TELLU
RIALA SAPPO : TAUWE RI DEWATAE, SIRI RI WATAKKALETA, NENNIYA
SIRI RI PADATTA RUPA TAU
Artinya :
Hanya tiga yang dijadikan pagar : rasa takut kepada Tuhan, rasa malu pada diri sendiri, dan rasa malu kepada sesame manusia.
Hanya tiga yang dijadikan pagar : rasa takut kepada Tuhan, rasa malu pada diri sendiri, dan rasa malu kepada sesame manusia.
Penjelasan :
Rasa takut kepada Tuhan membawa ketaqwaan dan memperkuat iman. Rasa malu kepada diri sendiri akan menekan niat buruk dan memperhalus akal budi, dan rasa malu kepada sesama manusia dapat membendung tingkah laku buruk dan meninggikan budi pekerti
Rasa takut kepada Tuhan membawa ketaqwaan dan memperkuat iman. Rasa malu kepada diri sendiri akan menekan niat buruk dan memperhalus akal budi, dan rasa malu kepada sesama manusia dapat membendung tingkah laku buruk dan meninggikan budi pekerti
PALA
URAGAE, TEBBAKKE TONGENGNGE, TECCAU MAEGAE,
TESSIEWA SITULA’E
Artinya :
Tipu daya mungkin berhasil untuk sementara, tetapi kebenaran tak termusnahkan, kebenaran tetap akan hidup dan bersinar terus di dalam kalbu manusia.
Tipu daya mungkin berhasil untuk sementara, tetapi kebenaran tak termusnahkan, kebenaran tetap akan hidup dan bersinar terus di dalam kalbu manusia.
Penjelasan :
Karena sumber kebenaran datangnya dari Tuhan. Yang sedikit mungkin mengalahkan yang banyak untuk sementara karena kekuatan. Akan tetapi yang banyak tidak dapat diabaikan atau dimusnahkan. Yang banyak saja sudah satu kekuatan apalagi yang banyak membina kekuatan.
Adalah tidak mungkin matahari tenggelam di siang hari, seperti tidak mungkinnya memusnahkan kebenaran .
PRINSIP-PRINSIP BANGSA BUGIS
Karena sumber kebenaran datangnya dari Tuhan. Yang sedikit mungkin mengalahkan yang banyak untuk sementara karena kekuatan. Akan tetapi yang banyak tidak dapat diabaikan atau dimusnahkan. Yang banyak saja sudah satu kekuatan apalagi yang banyak membina kekuatan.
Adalah tidak mungkin matahari tenggelam di siang hari, seperti tidak mungkinnya memusnahkan kebenaran .
PRINSIP-PRINSIP BANGSA BUGIS
- Keturunan yang diajarkan bagaimana mempertahankan kehormatan keluarga.
- Keturunan yang dibesarkan dengan memandang perempuan sebagai simbol kehormatan keluarga.
- Keturunan yang diajarkan untuk menjaga martabat orang lain dan dirinya sendiri.
- Keturunan yang diajarkan untuk tidak tunduk kepada orang lain.
- Keturunan yang ingin bebas merdeka berjuang dan berusaha untuk bertahan hidup.
- Keturunan yang berabad abad mentalnya telah dibentuk dan ditempa dengan keras oleh gelombang
- Keturunan yang diajarkan berani menghadapi masalah dan tidak lari dari kenyataan hidup.dan
- Keturunan yang berani berbicara hanya jika ada BUKTI.
ALLUPAI PAPPADECEMMU LAO PADAMMU
RUPA TAU (Lupakan kebaikan yang pernah Anda
lakukan terhadap sesamamu)
ENGNGERANGNGI PAPIJAMU LAO PADAMMU
RUPA TAU (Ingat keburukan yang pernah
Anda lakukan terhadap sesamamu)
KEARIFAN
LOKAL BANGSA BUGIS
Setumpuk wejangan yang berhamburan di bumi kita ini. Ia bak ratnamutumanikam, dimanapun ia berada maka kaum Bugis berhak mengaplikasikan untuk itu. 'Sedikit' dari banyaknya mutiara itu adalah kearifan lokal di kalangan Bangsa Bugis atau lebih dikenal dengan istilah "Ada-ada Pappaseng" (Kata/kalimat yang mengandung tuah-tuah) yang lahir dari moyang Bangsa Bugis. Akan Menjadi nilai luhur yang kemudian bermuara dan membentuk budaya Siri' na Pesse'(Budaya Malu dan Harga Diri). Terakomodir dan berhulu pada slogan 'Sipakatau' yakni, saling memuliakan.
Berikut diantaranya:
"Iyyapa
nari isseng lamunna salo'e na loanna, rekko purai ri atengngai"
Artinya: Luas dan kedalaman sungai
itu bisa diketahui ketika telah menyeberanginya.
Maksudnya: Sulit tidaknya suatu pekerjaan akan bisa terukur setelah mencobanya.
Maksudnya: Sulit tidaknya suatu pekerjaan akan bisa terukur setelah mencobanya.
"
Aja' mucapa'i lempue o ... arung mangkau'. Malempuko mumadeceng bicara,
mumagetteng"
Artinya: Jangan sekali-kali Engkau
meremehkan kejujuran wahai pemimpin! Berlaku jujurlah, serta peliharalah tutur
katamu, engkaupun harus tegas.
"Temmate lempue, temmaruttung
lappae, teppettu maompengnge, teppolo massalemoe"
Artinya: Takkan mati kejujuran itu,
takkan runtuh yang datar, takkan putus yang kendur, takkan patah yang lentur
Pappaseng
Tomatoa
Eppai tenriulle parewe :
Mula-mulanna ada pura ripassu'e ri timue
Madduanna anu pura riabbereangnge,
Mattellunna anu pura nakennae uki,
Maeppana umuru' pura laloe
De sia deceng pole ri saliweng...
Kua manenni pole ritellu lappae
Seuwani agi-agi mupogau' itai rimunrinna,
Madduanna aja' mumacai tea/ripakainge',
Maettellunna tettongiwi lempu'e mupakei sabbara'e
Patampuangengngi nariseng tau maupe' :
Seuwani pessu'i ada napasau,
Madduanna matu ada nasitinaja,
Mattellunna molai ada naparapi,
Maeppana duppai ada napasau
Mula-mulanna ada pura ripassu'e ri timue
Madduanna anu pura riabbereangnge,
Mattellunna anu pura nakennae uki,
Maeppana umuru' pura laloe
De sia deceng pole ri saliweng...
Kua manenni pole ritellu lappae
Seuwani agi-agi mupogau' itai rimunrinna,
Madduanna aja' mumacai tea/ripakainge',
Maettellunna tettongiwi lempu'e mupakei sabbara'e
Patampuangengngi nariseng tau maupe' :
Seuwani pessu'i ada napasau,
Madduanna matu ada nasitinaja,
Mattellunna molai ada naparapi,
Maeppana duppai ada napasau
html/Pamiring Ulaweng
Pappaseng Tomatoa.htm
Dari pengalamanku, selama hampir tiga tahun di kota ini, orang-orang sunda kelihatannya sangat sopan dan santun, bukan berarti orang bugis tidak sopan dan tidak santun. Orang sunda begitu menjaga hubungan kekeluargaan, selalu ingin dekat dengan keluarga dan kalau bisa jangan sampai pergi jauh dari mereka. Itu hal baik, hanya saja tidak terlalu terlalu penting bagiku.
ReplyDeleteSejak dini aku...... https://www.itsme.id/aku-bugis-mereka-sunda/
Hidup tanah bugis๐
ReplyDeletebugis merdeka☝
ReplyDeleteTanah Ogi Wanuakku
ReplyDeletesidenreng rappang wanuaku
ReplyDeleteBugis bone wanuakku
ReplyDeleteRi Wajoka ripancaji,ri wajoka ripawekke
ReplyDeleteSidenreng rappang wanuakku
ReplyDeleteWanua latemmamala
ReplyDeleteEwako
ReplyDeleteEwako
ReplyDeleteWAnya mappatuwo naewai alena
ReplyDeleteWanua
DeleteWanua mappatuwo naewai alena
DeleteSinjai wanuakku
ReplyDeleteEwakooo
ReplyDeleteTana ogi wanua, wanua ancajingekku.
ReplyDeleteOgi To Barru ๐
ReplyDelete